• PERMASALAHAN KEIMANAN


    Takut  Kepada Allah


    بِسْمِ الله، الْحَمْدُ ِلله، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّد رَسُوْلِ الله، وَعَلَى ألِهِ وَ
    صَحَابَتِهِ وَمَنْ تَبِعَ سُنَّتَهُ وَجَمَاعَتَه، مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إِلَى يَوْمِ الْبَعْثِ وَالنَّهْضَة
    Pelajaran Iman


    Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Anfal ayat 2

    إِنَّمَاالْمُؤْمِنُونَالَّذِينَإِذَاذُكِرَاللّهُوَجِلَتْقُلُوبُهُمْوَإِذَاتُلِيَتْعَلَيْهِمْآيَاتُهُزَادَتْهُمْإِيمَانًاوَعَلَىرَبِّهِمْيَتَوَكَّلُونَ

    Artinya ;
    Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakkal,

    Dan kata “wajilat qulubuhum” pada ayat 2 surat Al Anfal, “bergetarlah hati mereka”.
    Menurut ahli kebenaran , takut ada dua macam, yaitu :
    1.       Takut akan siksa Allah, yakni takutnya orang yang bermaksiat
    2.       Takut akan kehebatan dan keagungan Allah, itulah takutnya para waliyullah, sebab mereka dapat membuktikan Kehebatan Allah SWT dengan ilmu Nya, lalu timbul ketkuatn yang hebat dalam hati mereka.
    Sedang yang berbuat maksiat takutnya karena akibat siksa, dan orang mukmin bergetar hatinya ketika nama Allah di sebutkan, ketakutannya menurut tingkatnya masing-masing, dalam mengingat Allah subhana wata’ala (tafsir khazin).
    Rasulullah bersabda : seandainya keimanan abu bakar di timbang dengan keimanan umat ku, pasti lebih berat keimanan yang dimiliki abu bakar”.(HR Tarmidzi)
    Rasulullah bersabda : Akan di keluarkan dari neraka, orang yang di dalam hatinya terdapat iman sekalipun ringan seperti atom”. (HR Bukhari)
    maksudnya setiap orang yang ketika matinya membawa iman, sedangkan para shalihin sendiri mereka sangat takut mati tanpa dengan bila iman "ketiadaan iman". maka berdoalah agar mati membawa iman.

    Doa selamat
    artinya : Ya Allah ya Tuhan kami, kami mohon keselamatan agama, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu dan berkah rizqi, dapat bertaubat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, dan memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah, mudahkanlah kami paa gelombang sakaratul maut. Bebaskanlah kami dari azb neraka-Mu dan memperoleh ampunan ketika kami dihisab"
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Pembaca Hari Ini

Cari Artikel Disini

Apakah Menurut Anda Jokowi - JK Sudah Menepati Janjinya Seperti Apa Yang Dijanjikan dimasa Kampanye

islam dan muslim

Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
Dan janganlah Kamu Mati Kecuali Dalam Keadaan Muslim / Beriman !
itu janji muslim yang harus dipegang kuat-kuat.